Welcome to MICROBES online

Disini kamu bisa menemukan konten yang nggak ada dalam terbitan paper MICROBES. Feel free to share anything!

Saatnya Uji Kemampuan Melalui OSN Pertamina


Sampai 5 tahun lalu, ajang kompetisi bergengsi Olimpiade Sains hanya diperuntukan bagi anak SMP-SMA saja, tapi kini mahasiswa pun dapat mengikuti event sejenis yang diselenggarakan oleh pihak Pertamina (kerja sama dengan Universitas Indonesia) pertama kali  pada tahun 2008. Olimpiade Sains bagi mahasiswa ini memiliki 4 bidang pilihan: Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Uniknya, kita bisa memilih bidang lomba sesuai keinginan, bebas, dan tidak bergantung pada asal fakultas kita! Jadi, misalnya untuk mengambil bidang lomba Kimia, reader tidak harus berasal dari Fakultas Kimia atau Farmasi. Bagaimana kalau reader dari Fakultas Ekonomi, terus mau ikut bidang lomba Biologi? Boleh dan sah-sah saja kok!
Kalau selama ini OSN Pertamina, atau disingkat OSN PTI, hanya terdiri atas kategori teori, di tahun ke-5 ini ada kategori baru, yaitu kategori Science Project. Di kategori ini selain teori berupa Scientific Paper, peserta juga harus membuat karya cipta atau model application. Ini kesempatan emas buat reader yang kurang suka teori, tapi punya segudang ide untuk Science Project!
Secara umum, OSN PTI terdiri atas 2 tahap besar, yaitu:
1. Seleksi Tingkat Provinsi
2. Seleksi Tingkat Pusat
Seleksi Tingkat Provinsi diselenggarakan di perwakilan Universitas di masing-masing provinsi. Misalnya untuk Provinsi DKI Jakarta, kita diwakili oleh Universitas Indonesia. Penulis sendiri berkesempatan mengikuti ajang ini pada tahun 2010 dan 2011 bersama beberapa teman dari Fakultas Teknobiologi, UNIKA Atma Jaya. Dari Jakarta, kami berangkat bersama-sama dengan kereta api jurusan Jakarta-Depok, lalu turun di stasiun Pondok Cina. Dari stasiun, tinggal berjalan kaki beberapa meter, lalu sampailah kami di lokasi lomba, mudah kan? 
Di seleksi awal, soal berupa pilihan ganda, dari sini dikelompokkan 9 besar dari setiap bidang pilihan di setiap provinsi. Peserta yang masuk dalam kategori 9 besar ini kemudian diseleksi lagi melalui pembuatan makalah dan pengerjaaan soal essay. 3 besar dari tiap provinsi berkesempatan menyajikan makalahnya dalam bentuk presentasi dan bisa melanjutkan ke Seleksi Tingkat Pusat.
Meski soal pilihan ganda dan essay masih bertema umum, tema makalah umumnya berkaitan dengan pengembangan sumber energi atau masalah-masalah lain yang berkaitan dengan energi. Kebetulan penulis mendapat kesempatan mengikuti ajang ini hingga tahap 9 besar provinsi. Pada tahun 2010, makalah bertemakan 'sumber energi baru bagi warga pedesaan', sementara di tahun 2011, penulis harus membuat makalah tentang 'penanganan bencana nuklir' seperti yang terjadi di PLTN Fukushima-Jepang.
Readers, berminat mengikuti kompetisi ini? Pendaftaran bisa dilakukan secara online di website resmi Pertamina http://www.osnpertamina.com/ hingga tanggal 15 September nanti. Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih banyak, informasi lengkap juga tersedia di website tersebut. Ayo, uji kemampuan kalian di ajang bergengsi ini! Ada hadiah uang tunai juga lho! Good luck!

No comments:

Post a Comment